Total Tayangan Halaman

Jumat, 27 Januari 2012

Tips Mengatasi Blackberry Lemot

Smartphone keluaran Kanada yang bernama Blackberry bukan menjadi barang asing untuk warga Indonesia. Indonesia ternyata menjadi konsumen Blackberry tertinggi di dunia. Di Jakarta saja banyak kita jumpai orang-orang yang telah menggunakan Smartphone Blackberry. Baik kaya, sederhana, bahkan orang berekonomi dibawah pun sudah banyak yang menggunakan Smartphone Blackberry. Blackberry memang sudah menjadi merk Smartphone yang digilai masyarakat saat ini setelah kemunculannya di Indonesia sekitar tahun 2008 atau 2009.
 
Tapi berhubung Smartphone seperti halnya komputer atau laptop yang sering lemot atau koneksinya lama, maka banyak juga yang kesel atau marah-marah gara-gara pesannya tidak kunjung terkirim atau koneksi internetnya yang sering gagal. Sebagai sesama pengguna Smartphone Blackberry, gw juga sering tuh kesel sama lemotnya koneksi chating dan browsing di Blackberry. Menurut temen gw yang bekerja di salah satu counter handphone ternama, penyebat lamanya koneksi Blackberry itu dikarenakan banyaknya file-file sisa-sisa chating atau browsing yang tersimpan di historynya. Untuk itu teman gw ngasih tips dan cara agar Smartphoen Blackberry kita tersayang tidak membuat kita marah-marah dan ternyata cara dan tips ini sangat manjur dan ampuh loh!!!

Untuk Tips

Pertama = selalu tekan endchat sehabis selesai chating dengan seseorang melalui Blackberry, jangan sampai terlalu lama menyimpan daftar chat karena akan menambah beban memori Blackberry.


Kedua = jangan membuka aplikasi dan browsing secara bersamaan. Maksudnya adalah karena Blackberry termasuk Smartphone, maka akan tersedia layanan Facebook, Twitter, Yahoo Messenger, dan browsing internet. Nah disarankan kita jangan melogin Facebook dan Twitter secara bersamaan atau melogin Yahoo Messenger dan Twitter secara bersama atau melogin dan browsing secara bersama-sama. Hal ini karena bisa memperlambat kecepatan internet Blackberry.

Ketiga = buanglah file-file yang tidak perlu. File-file seperti video atau foto atau dllnya yang tidak perlu sebaiknya dihapus saja untuk mengurangi beban kapasitas memori.


Selain tips diatas, gw juga dikasih tau nih perihal-perihal untuk menghilangkan “lemot”nya Blackberry. Cara-cara ini diberikan langsung loh kepada orang counternya. Berikut cara-caranya :

 
Pertama = usahakan untuk mencabut atau melepaskan baterai BB setiap 2-3 hari sekali. Setelah baterai dicabut, diamkansekitar 1-2 menit untuk membuang dan menghapus sisa-sisa file yang tidak terpakai akibat proses chating atau browsing.


Kedua = Lakukan secara rutin Clear Log Event dengan cara tekan tombol ALT+L G L G, nanti akan muncul hasil log. Lalu tekan tombol yang terdapat logo BB anda, pilih -> Clear Log(untuk yang berbahasa Inggris), atau -> Bersihkan Log (untuk yang berbahasa Indonesia), setelah itu tekan -> Delete atau Hapus.


Ketiga = lakukan juga secara rutin Cleaning Memory atauPembersihkan Memori dengan cara pilih -> Options (Opsi), pilih ->Security Options (Opsi Keamanan), lalu pilih -> Advanced Security Options, setelah itu pilih -> Cleaning Memory (Pembersihan Memori), kemudian tekan tombol yang terdapat logo BB di Blackberry anda, lalu pilih -> Clean Now (Bersihkan Sekarang).


Keempat = Setiap 2-3 hari sekali diusahakan untuk melakukan Host Routing Table (Tabel Rute Host), dengan cara pilih -> Options (Opsi), pilih -> Advanced Options (Opsi lanjutan), setelah itu pilih -> Host Routing Table (Tabel Rute Host). Setelah itu tekan tombol berlambang logo BB di HP anda, dan pilih p>Register Now (Registrasi Sekarang). Nanti Anda akan menerima email/messege dari Blackberry.

 
Kelima = setelah melakukan langkah keempat diatas, Anda juga kudu setiap 2-3 hari sekali melakukan Diagnostic Test (Tes Dianostik). Hal ini sangat penting karena lewat inilah kita bisa mengetahui apakah Blackberry kita terkoneksi, baik itu PIN, register maupun dengan koneksi Email. Untuk tes ini bisa dilakukan dengan cara pilih -> Options (Opsi), lalu pilih -> Mobile Network (Jaringan Seluler), setelah itu tekan tombol berlogo BB pada Blackberry Anda, lalu pilih -> Diagnostic Test (Tes Dianostic), setelah itutekan tombol berlogo BB lagi dan pilih -> RUN (Jalankan). Biarkan sampai proses berjalan komplit , jika hasil proses ada yang Abort, maka ulangi proses bagian kelima lagi sampai hasil proses tidak ada yang Abort.


Sekian lah artikel tips dan cara menghilangkan lemot pad Blackberry. Semoga artikel gw ini berguna buat para pembaca sekalian. Jika masih belom percaya Anda bisa menanyakan sendiri pada penjaga counter handphone diseluruh Indonesia.
TERIMA KASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar